Pelatihan Pengelolaan Homestay

Pelatihan ini diadakan di Desa Serang tanggal 11 - 13 Juni 2013

PELATIHAN RESCUE OPERATOR WISATA AIR

Pelatihan ini dilaksanakan pada tanggal 24-25 Juni 2014

Pembukaan Pelatihan Pengelolaan Homestay dan Pemandu Outbond

Pembukaan Pelatihan ini dihadiri oleh Kepala Desa Serang, Camat Kecamatan Karangreja, Dinbudparpora dan FEDEP Kabupaten Purbalingga

Gelar Promosi Produk Unggulan Jawa Tengah 2012

Pada gelar Promosi Produk Unggulan Jawa Tengah kali ini FEDEP Kab. Purbalingga mengirimkan Paguyuban UMKM sebagai wakil purbalingga dengan membawa berbagai Produk UMKM Kab. Purbalingga

PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE PARIWISATA

Pelatihan ini diadakan pada tanggal 17 - 19 April 2013 di Aula Dinbudparpora dengan peserta yang berasal dari insan Pariwisata Purbalingga

Senin, 10 Juni 2013

TIPS WIRAUSAHA DARI SPONGEBOB

 SPONGEBOB......
================================

1.Intergritas dan Loyalitas
Dalam episode "The Graveyard Shift" menunjukan bagaimana senangnya dia ketika Krusty Krab dibuka 24 jam, episode lainya yg menujukan integritas Sponge Bob dalam episode" Just One Bite" dimana dia selalu datang jam 3 pagi untuk menghitung Krabby paty Integritas seorang pegawai menjadi salah satu faktor keberhasilan suatu bisnis dimana dedikasi seorang pegawai akan menentukan perkembangan bisnisnya dan inilah yang ditunjukan oleh Sponge Bob ke Krusty Krab

2. Penghargaan Terhadap Pegawai


Dalam binsis pegawai merupakan inti sebuah perusahaan untuk itulah penting memberikan penghargaan terhadap pegawai agar produktivitsanya meningkat. Dalam Film Spongebob ini ditunjukan oleh Mr. Krabs pada episode "Employee of the Month" dengan memberikan predikat pekerja pada bulan ini kepada pegawai yang telah bekerja dengan baik di Krusty Krab yang akhirnya membuat Sponge Bob dan squidward salaing bersaing untuk mendapatkan penghargaan tersebut.

3.Strategi Pemasaran

Dalam berbisnis diperlukan strategi yang tepat agar produk yang kita jual disukai masyrakat dalam spongebob nilai ini ditunjukan pada episode "The Good Krabby Name " dimana agar penduduk bikini bottom agar datang ke Krusty Krab Mr. Krab menyuruh spongebob memikirkan nama yg dapat menarik pelanggan datang, di episode "As Seen On TV" Mr.Krab melakukan pemasaran dengan memperkenalkan Krabby patty melaui TV.

4.Fokus pada Inti Bisnis Anda

Pada episode "Bossy Boots" Mr.Krab mengangkat Pearl menjadi pegawai Krusty Krab ide Pearl merubah Krusty Krab mulai dari makanan,nama dan bentuk Krusty Krab karena perubahan tersebut sudah melenceng dari inti bisnis kraby patty mengakibatkan Mr.krab kehilangan banyak uang. Pelajaran diatas menunjukan bahwa ketika mengembangkan bisnis kita harus tetap pada awal inti bisnis tersebut perubahan yg signifikan malah dapat menghancurkan bisnis kita.

5.Kualitas Produk

Pada episode "Born Again Krabs" Mr. Krab menyuruh menjual Krabby Patty yang sudah busuk dan tidak boleh membikin yang baru sampai Patty yang busuk itu terjual akibatnya Krab kehilangan banyak pelangga pelajaran yg dapat diambil adalah Kualitas Produk yang dijual menentukan kelayakan barang tersebut untuk dibeli pembeli, pembeli tidak lagi bodoh mereka dapat mempelajari produk yang kita jual.

6.Pelanggan Adalah Raja


Dalam episode" The Krusty Tower" mengajarkan pentingnya pelanggan bagi bisnis bercerita ketika Mr.Krab ingin membuat hotel dengan slogan kalimat "We shall never deny a guest even the most ridiculous request"(kita tidak pernah menolak permintaan pelanggan meskipun itu permintaan aneh2) kalimat tersebut menujukan bahwa betapa pentingnya pelanggan bagi sebuah bisnis.

7. Pelayanan=Keuntungan

Pada episode "Bubble Buddy" Mr.krabs menyuruh Squidward untuk melayani apapun yg diminta bubble budy karena telah membeli semua Krabby Patty. Pada episode "Good Ol' Whatshisname " dengan meberi pelayanan berupa mengingat nama pelanggan dapat meberi keuntungan yakni pelanggan akan datang kembali dua episode diatas menunjukan bahwa pelayanan yang baik akan membuat pelanggan prcaya pada produk yg kita jual sehingga keuntunganpun kita dapat.

8. Profitabilitas(Keuntungan)


Tujuan bisnis adalah menghasilkan profit untuk pemilik bisnis. Sehebat apapun yang dilakukan, tidak ada manfa'atnya jika tidak menghasilkan profit. Banyak episode yang menunjukan bagaimana Mr.Krab mencari untung mulai dari menaikan harga kraby patty sampai dengan menjual produk produk lain di luar kraby patty dalam episode "Bucket Sweet Bucket" Sponge Bob berhasil menemukan barang2 antik dari chum bucket sehingga membuat Krusty Krab tampak mewah yg dimanfaatkan Mr. Krab dengan menaika harga Krabby Patty

9. Kreatifitas dan Inovasi Produk


Pada episode "Patty Hype" menceritakan bisnis yg lesu dimana Krusty Krab tidak mendapat pelanggan satupun akhirnya Sponge Bob memberi ide untuk mebuat Pretty Patty yang akhirnya sukses besar dan banyak orang yang membeli kepada Sponge Bob pelajaran yg diambil agar bisnis tidak stagnan diperlukan inovasi agar pembeli tidak jenuh terhadap barang yg dijual terlalu umum/biasa

10.Kompetisi


Dalam berbisnis kompetisi akan selalu ada layaknya Krusty Krab dan Chum Bucket dimana Krusty Krab dengan Kraby Pattynya yg selalu berhasil menang kompetisi antara keduanya menciptakan ide ide inovatif baik pada Mr. Krab dan Plankton pelajaran yg diambil adalah bisnis tidak akan lepas dari kompetisi

11. Jangan mudah menyerah dalam berbisnis


Yakin bahwa sebesar apapun kegagalan yang dialami selama berpikir positf dan pantang menyerah kesuksesan akan didapat. mungkin hal inilah yang diajarkan plankton dalam berbisnis tidak peduli seberapa banyak dia gagal mencuri resep Krabby Paty dan restoran Chum Bucketnya yg tidak mendapat pembeli satupun namun dia tetap berusaha memajukan bisnisnya dengan berbagai ide anehnya.

12. Identifikasi Peluang Bisnis


Dalam episode "20,000 Patties Under the Sea" Sponge Bob dan Patrick menemukan kapal selam hal ini memberi ide Mr.Krab menciptakan restoran keliling yg bisa membawa banyak untung pelajaran yg diambil adalah seorang wirausaha harus mampu mengamati lingkungan sekitar untuk menciptapkan peluang bisnis bukan sebaliknya.

13.Efisiensi


Kata efisiensi tentunya tidak lepas dari Mr.Krab pada episode "Life is Crime" melakukan penghematan dimana seluruh barang yg ada di Krusty Krab di dapatkan dari meminjam, episode "Kusty Krab Traning Video" menunjukan penghematan yg dilakukan Mr. Krab antara lain mebangunya Krusty Krab dari rumah jompo,hanya merekrut 2 pekerja,dan tidak membeli teknologi yg tidak diperlukan. Pelajarannya adalah effisiensi penting untuk meningkatkan keuntungan tetapi jangan sampai seperti Mr. Krab

Rabu, 05 Juni 2013

JAM BERAPA PAK?

Seorang pemuda sedang dalam perjalanannya kembali ke Jakarta dengan kereta Senja Utama. Persis didepannya duduk seorang bapak. Setelah lama berdiam diri, sambil menguap si pemuda bertanya kepada bapak tersebut, "Jam berapa sekarang, Pak?"

Sebuah pertanyaan yang biasa kita tanyakan dimanapun, kapanpun dan kepada siapapun kan? Dan biasanya kita selalu dapat jawaban.

Namun kali ini sungguh diluar dugaan, si bapak diam saja. Mengira sang bapak agak kurang pendengarannya, pemuda tersebut mengulanginya sampai 3 kali.

Namun si bapak diam tidak bergeming sedikitpun. Karena kesal, pemuda tersebut langsung mencolek bapak tersebut dan berkata, Saya heran mengapa bapak tidak menjawab pertanyaan saya?? Apa sich susahnya?

Si bapak bilang, "Bukannya saya nggak mau menjawab, tapi nanti kalau saya jawab, kita pasti ngomong-ngomong lagi soal ini soal itu, sampai nanti kita jadi akrab".

Si pemuda melongo mendengar ceramah bapak tadi.

Terus dia tanya lagi, "Lalu apa salahnya kalau kita akrab?"

Si bapak bilang, "Nanti anak gadis dan istri saya akan menjemput saya di Gambir,kalau kita akrab, nanti kita akan turun sama-sama. Terus saya pasti mengenalkan mereka sama kamu."

Si pemuda tambah bingung dan penasaran. "Terus pak??" tanyanya lagi.

"Istri saya tuch orangnya baik sekali sama semua orang, nanti dia pasti nawarin kamu mampir ke rumah. Nanti kamu mandi di rumah saya, terus makan di rumah saya.

Nanti lama-lama kamu bisa akrab sama anak gadis saya dan kamu bisa jadi pacar anak saya. Lama-lama kamu bisa jadi menantu saya," katanya lagi.

Si pemuda yang tadi sudah bingung sekarang makin bingung. Lantas dia tanya, "Terus apa hubungannya sama pertanyaan saya yang pertama??"

Sambil berdiri bapak tersebut menjawab dengan lantang,
"Masalahnya?
SAYA TIDAK MAU PUNYA MENANTU SEPERTI KAMU.
JAM TANGAN AJA NGGAK PUNYA!

Selasa, 04 Juni 2013

GELAR PROMOSI PRODUK UNGGULAN JAWA TENGAH TAHUN 2012





Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More