Rabu, 17 April 2013

APA ITU FEDEP ?

FEDEP (Forum for Economic Development and Employment Promotion) atau Forum Pengembangan Ekonomi dan Sumber Daya, adalah forum pada tingkat Kabupaten/Kota berorientasi pada program kemitraan yang terlembaga bagi para stakeholder di daerah. Stakeholder tersebut terdiri dari unsur pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat. termasuk asosiasi-asosiasi usaha, lembaga fasilitasi usaha dan LSM.
Dalam FEDEP para stakeholder dapat secara aktif menyampaikan permasalahan, kebutuhan, keinginan, dan keprihatinan bersama, mengemukakan dan mendiskusikan ide, serta bersama-sama menyusun strategi mengenai pembangunan daerah/ pengembangan ekonomi lokal. Output dari forum ini selanjutnya dijadikan sebagai masukan bagi pemerintah daerah dalam rangka membuat kebijakan mengenai pembangunan daerah/ pengembangan ekonomi lokal. Mengingat fungsi FEDEP yang seperti itu forum ini juga dikenal sebagai lembaga formulasi kebijakan. Dari kebijakan pemerintah daerah sebagaimana dimaksud di atas, FEDEP kemudian melakukan fasilitasi bagi pelaksanaannya, namun karena FEDEP bukan lembaga eksekutif dan juga bukan lembaga pelaksana proyek, maka fasilitasi yang dilakukan oleh FEDEP harus dapat tetap terjaga pada koridor yang benar.
Fungsi dari FEDEP secara umum adalah menjembatani/ mempertemukan pihak-pihak dari semua pemangku kepentingan (stakeholder) dalam pembangunan daerah/ pengembangan ekonomi lokal, baik dari pihak pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat. Sedangkan kinerja yang diharapkan adalah:
1.
Membantu melakukan identifikasi dan assessment stakeholder terkait yang berkaitan dengan komoditi klaster di daerah.
2.
Membantu melakukan evaluasi dan memonitoring terhadap kinerja keterpaduan program dan kerjasama antara stakeholder produksi dan nilai tambah komoditi klaster di daerah.
3.
Menetapkan skala pengembangan dari komoditi klaster di daerah berdasarkan assessment terhadap daya dukung sumber daya yang tersedia untuk ditetapkan menjadi pengembangan skala kabupaten/ kota atau skala provinsi..
4.
Memberikan masukan dan saran pertimbangan kepada kepala daerah kabupaten/ kota yang berkaitan dengan sinergitas program lintas sektor antara pariwisata, IKM/UMKM dan pertanian, serta program prioritas yang direkomendasikan untuk dilaksanakan oleh daerah kabupaten/ kota atau provinsi.
5.
Memfasilitasi peningkatan kemampuan dan pemanfatan sumber daya lokal, kerjasama antar kelompok stakholder klaster di daerah melalui workshop, pelatihan dan forum interaksi/ diskusi dengan menggunakan metode PACA (Participatory Appraisal of Competitive Advantage).
FEDEP tidak hanya merupakan forum yang menjembatani/ mempertemukan pihak-pihak dari semua pemangku kepentingan (stakeholder) dalam pembangunan daerah/ pengembangan ekonomi lokal saja, tetapi juga merupakan forum yang memiliki jejaring yang sangat luas. Jika dipandang perlu dan berpotesi untuk kemajuan pengembangan ekonomi lokal, FEDEP juga dapat menjalin jejaring dengan berbagai pihak, baik dari kalangan pemerintahan maupun swasta dan lembaga sejenis di luar provinsi, bahkan luar negeri, baik secara bilateral maupun multilateral.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More