SPONGEBOB......
================================
1.Intergritas dan Loyalitas
Dalam episode "The Graveyard Shift" menunjukan bagaimana senangnya dia
ketika Krusty Krab dibuka 24 jam, episode lainya yg menujukan integritas
Sponge Bob dalam episode" Just One Bite" dimana dia selalu datang jam 3
pagi untuk menghitung Krabby paty Integritas seorang pegawai menjadi
salah satu faktor keberhasilan suatu bisnis dimana dedikasi seorang
pegawai akan menentukan perkembangan bisnisnya dan inilah yang
ditunjukan oleh Sponge Bob ke Krusty Krab
2. Penghargaan Terhadap Pegawai
Dalam binsis pegawai merupakan inti sebuah perusahaan untuk itulah
penting memberikan penghargaan terhadap pegawai agar produktivitsanya
meningkat. Dalam Film Spongebob ini ditunjukan oleh Mr. Krabs pada
episode "Employee of the Month" dengan memberikan predikat pekerja pada
bulan ini kepada pegawai yang telah bekerja dengan baik di Krusty Krab
yang akhirnya membuat Sponge Bob dan squidward salaing bersaing untuk
mendapatkan penghargaan tersebut.
3.Strategi Pemasaran
Dalam berbisnis diperlukan strategi yang tepat agar produk yang kita
jual disukai masyrakat dalam spongebob nilai ini ditunjukan pada episode
"The Good Krabby Name " dimana agar penduduk bikini bottom agar datang
ke Krusty Krab Mr. Krab menyuruh spongebob memikirkan nama yg dapat
menarik pelanggan datang, di episode "As Seen On TV" Mr.Krab melakukan
pemasaran dengan memperkenalkan Krabby patty melaui TV.
4.Fokus pada Inti Bisnis Anda
Pada episode "Bossy Boots" Mr.Krab mengangkat Pearl menjadi pegawai
Krusty Krab ide Pearl merubah Krusty Krab mulai dari makanan,nama dan
bentuk Krusty Krab karena perubahan tersebut sudah melenceng dari inti
bisnis kraby patty mengakibatkan Mr.krab kehilangan banyak uang.
Pelajaran diatas menunjukan bahwa ketika mengembangkan bisnis kita harus
tetap pada awal inti bisnis tersebut perubahan yg signifikan malah
dapat menghancurkan bisnis kita.
5.Kualitas Produk
Pada episode "Born Again Krabs" Mr. Krab menyuruh menjual Krabby Patty
yang sudah busuk dan tidak boleh membikin yang baru sampai Patty yang
busuk itu terjual akibatnya Krab kehilangan banyak pelangga pelajaran yg
dapat diambil adalah Kualitas Produk yang dijual menentukan kelayakan
barang tersebut untuk dibeli pembeli, pembeli tidak lagi bodoh mereka
dapat mempelajari produk yang kita jual.
6.Pelanggan Adalah Raja
Dalam episode" The Krusty Tower" mengajarkan pentingnya pelanggan bagi
bisnis bercerita ketika Mr.Krab ingin membuat hotel dengan slogan
kalimat "We shall never deny a guest even the most ridiculous
request"(kita tidak pernah menolak permintaan pelanggan meskipun itu
permintaan aneh2) kalimat tersebut menujukan bahwa betapa pentingnya
pelanggan bagi sebuah bisnis.
7. Pelayanan=Keuntungan
Pada episode "Bubble Buddy" Mr.krabs menyuruh Squidward untuk melayani
apapun yg diminta bubble budy karena telah membeli semua Krabby Patty.
Pada episode "Good Ol' Whatshisname " dengan meberi pelayanan berupa
mengingat nama pelanggan dapat meberi keuntungan yakni pelanggan akan
datang kembali dua episode diatas menunjukan bahwa pelayanan yang baik
akan membuat pelanggan prcaya pada produk yg kita jual sehingga
keuntunganpun kita dapat.
8. Profitabilitas(Keuntungan)
Tujuan bisnis adalah menghasilkan profit untuk pemilik bisnis. Sehebat
apapun yang dilakukan, tidak ada manfa'atnya jika tidak menghasilkan
profit. Banyak episode yang menunjukan bagaimana Mr.Krab mencari untung
mulai dari menaikan harga kraby patty sampai dengan menjual produk
produk lain di luar kraby patty dalam episode "Bucket Sweet Bucket"
Sponge Bob berhasil menemukan barang2 antik dari chum bucket sehingga
membuat Krusty Krab tampak mewah yg dimanfaatkan Mr. Krab dengan menaika
harga Krabby Patty
9. Kreatifitas dan Inovasi Produk
Pada episode "Patty Hype" menceritakan bisnis yg lesu dimana Krusty Krab
tidak mendapat pelanggan satupun akhirnya Sponge Bob memberi ide untuk
mebuat Pretty Patty yang akhirnya sukses besar dan banyak orang yang
membeli kepada Sponge Bob pelajaran yg diambil agar bisnis tidak stagnan
diperlukan inovasi agar pembeli tidak jenuh terhadap barang yg dijual
terlalu umum/biasa
10.Kompetisi
Dalam berbisnis
kompetisi akan selalu ada layaknya Krusty Krab dan Chum Bucket dimana
Krusty Krab dengan Kraby Pattynya yg selalu berhasil menang kompetisi
antara keduanya menciptakan ide ide inovatif baik pada Mr. Krab dan
Plankton pelajaran yg diambil adalah bisnis tidak akan lepas dari
kompetisi
11. Jangan mudah menyerah dalam berbisnis
Yakin bahwa sebesar apapun kegagalan yang dialami selama berpikir positf
dan pantang menyerah kesuksesan akan didapat. mungkin hal inilah yang
diajarkan plankton dalam berbisnis tidak peduli seberapa banyak dia
gagal mencuri resep Krabby Paty dan restoran Chum Bucketnya yg tidak
mendapat pembeli satupun namun dia tetap berusaha memajukan bisnisnya
dengan berbagai ide anehnya.
12. Identifikasi Peluang Bisnis
Dalam episode "20,000 Patties Under the Sea" Sponge Bob dan Patrick
menemukan kapal selam hal ini memberi ide Mr.Krab menciptakan restoran
keliling yg bisa membawa banyak untung pelajaran yg diambil adalah
seorang wirausaha harus mampu mengamati lingkungan sekitar untuk
menciptapkan peluang bisnis bukan sebaliknya.
13.Efisiensi
Kata efisiensi tentunya tidak lepas dari Mr.Krab pada episode "Life is
Crime" melakukan penghematan dimana seluruh barang yg ada di Krusty Krab
di dapatkan dari meminjam, episode "Kusty Krab Traning Video"
menunjukan penghematan yg dilakukan Mr. Krab antara lain mebangunya
Krusty Krab dari rumah jompo,hanya merekrut 2 pekerja,dan tidak membeli
teknologi yg tidak diperlukan. Pelajarannya adalah effisiensi penting
untuk meningkatkan keuntungan tetapi jangan sampai seperti Mr. Krab
Posted in:
0 komentar:
Posting Komentar